05 June 2017

PRESISI DAN AKURASI

Dalam berkomunikasi di kehidupan sehari-hari terkadang kita terbiasa menggunakan suatu istilah atau terminologi yang tidak sesuai dengan maksud yang hendak disampaikan. Bahkan tidak jarang istilah-istilah yang sebenarnya memiliki maksud berbeda sering kita gunakan secara bersamaan dalam menyampaikan maksud yang sama, salah satu contoh di antaranya yaitu presisi dan akurasi.

Sekilas memang presisi dan akurasi seakan-akan memiliki maksud atau pengertian yang sama, padahal kedua kata ini memiliki pengertian berbeda. Presisi adalah keadaan pasti sementara akurasi merupakan keadaan benar. Dalam skala pengukuran, presisi merupakan seberapa dekat nilai antar data (konsistensi), sedangkan akurasi merupakan seberapa dekat data pengukuran dengan hasil yang diharapkan.

Mahasiswa jurusan ekonomi atau ilmu sosial lainnya, sering melakukan penelitian dengan pengambilan data. Metode kuantitatif atau proses kuantifikasi data biasanya diolah dengan menggunakan metode statistika. Kaitannya dengan presisi dan akurasi yaitu, presisi diwakilkan oleh nilai standar deviasi dan akurasi diwakilkan oleh nilai residual. Data dengan tingkat presisi yang tinggi memiliki standar deviasi yang kecil sementara data dengan akurasi baik memiliki nilai residual yang kecil (mendekati nol).

Presisi dan akurasi dapat diilustrasikan dalam diagram berikut:

No comments:

Post a Comment